Tugas 3.1 Sebutkan dan Jelaskan serta berikan contoh Standar Operasional Manajemen Teknologi Informasi untuk seorang Administrator Aplikasi ?
Aplikasi Administrator, dikenal juga
dengan sebutan, Back-end, Panel Admin atau Panel Kendali adalah, antarmuka
dimana para administrator dan
petugas-petugas situs lainnya yang memiliki hak istimewa . Administrator
sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam
bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting system, mulai dari
pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting
masalah sotware. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memiliki
sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
Beberapa tanggung jawab yang diemban oleh jabatan
admin aplikasi antara lain adalah :
1) Troubleshooting
atau penanganan masalah
Ini adalah pekerjaan wajib dari admin dalam mengatasi
masalah di dalam jaringan. Admin wajib menjaga jaringannya supaya dapat
beraktivitas secara normal tanpa adanya masalah. Masalah yang timbul umumnya
berupa masalah teknis seperti kerusakan pada komputer, gangguan pada koneksi
internet, kabel yang terputus dan lain sebagainya.
2) Update
atau pemutakhiran
Tugas ini umumnya berkaitan dengan perangkat lunak,
namun tidak menutup kemungkinan juga perangkat keras. Update sepertinya adalah
hal yang sepele namun memiliki dampak besar dalam jaringan tersebut. Update
perangkat lunak misalnya adalah update sistem operasi dan antivirus, sedangkan
update perangkat keras misalnya penggantian perangkat router atau switch yang
sesuai dengan tuntutan jaringan yang berkembang.
3) Mengatur
cadangan data
Tugas dari admin yang penting lainnya adalah tanggung
jawabnya dalam membuat salinan data sebagai cadangan dari data-data penting
miliki suatu jaringan dari perusahaan atau instansi tertentu. Backup ini
berfungsi sebagai cadangan data saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti
bencana alam, terhapus data secara tak sengaja atau kerusakan perangkat keras
penyimpanan data. Dengan backup data, maka admin dapat menyelamatkan data
penting perusahaan dan mengembalikannya seperti semula pada saat tanggal
terjadinya backup.
Contoh :
Misalnya dalam menjalankan SOP eMonev bagi admin
eMONEV pada Kota Surabaya, Kewenangan Admin eMonev antara lain adalah:
a. Membuka akses pengisian relialisasi (ouput maupun
pentahapan output).
b. Melakukan monitoring pengisian relialisasi (ouput
maupun pentahapan output).
c. Melakukan monitoring keterisian realisasi Output
sub kegiatan maupun realisasi pentahapan output.
d. Melakukan sinkronisasi target sub kegiatan (ouput
maupun pentahapan output) pada opsplan
Sumber :
Komentar
Posting Komentar