Tugas 3.3 Pengertian dan contoh menggunakan layanan sistem informasi yang efektif dan cepat tanggap terhadap permasalahan aplikasi yang digunakan user
Langkah-langkah yang dapat diambil dengan menggunakan
penerapan IT dalam meningkatkan produk serta layanan yakni dapat dilakukan
dengan memanfaatkan kemudahan penggunakan teknologi dalam
bertelekomunikasi,sehingga dengan ini kita dapat dengan mudah untuk menyebarkan
informasi mengenai produk kita yang baru.Dengan istilah lain adalah information
produk share.Selain itu kita juga dapat melakukan langkah-langkah umum seperti
:
1. Kualitas
pelayanan Harus meningkat dengan pemanfaatan IT
yang dimaksudkan dalam hal ini adalah,bahwa sudah
jelas tentunya dengan pemanfaatan IT suatu perusahaan akan meingkat
pelayanannya dengan memanfaatkan teknologi tersebut,seperti dengan adanya
customer service,serta pelayanan bantuan 24 jam mengenai produk dan jasa.Selain
itu juga pelayanan mereka juga dapat dilakukan secara online sehingga akan
memudahkan customer untuk tetap terhubung meskipun tidak memiliki banyak waktu.
2. Apakah Kualitas
Produk (Quality Product) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan
Pelanggan (customer satisfaction)?
Tentunya kualitas produk yang baik akan berpengaruh
kepada kepuasan pelanggan,sehingga perusahaan harus memaksimalkan penggunaan IT
nya untuk meningkatkan kualitas proses pembuatan produk mereka,misalkan yang
mana sebelumnya pembuatan produk dilakukan manual,mulai dibuat dengan
menggunakan mesin(otomasi).Sehingga tentunya akan memberikan hasil produk yang
lebih bagus dan akurat karena pihak perusahaan dapat dengan tepat memberikan
perintah pengerjaan secara berkala pada mesin tersebut.
3. Apakah Kualitas
Pelayanan (service Quality) dan Kualitas Produk (Quality Product) secara
bersamaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (customer
satisfaction)?
Setelah 2 pertanyaan diatas mampu perusahaan lakukan
dengan baik,maka selanjutnya adalah tentu kita yakin bahwa produk dan layanan
kita sangatlah memuaskan sehingga pelanggan akan merasa senang dan puas untuk
selalu menggunakan produk perusahaan tersebut
Dengan kata lain,langkah yang ditempuh untuk
memanfaatkan IT guna meningkatkan pelayanan dan produk diantaranya adalah,
• Menggunakan
IT sebagai media pemberi pelayanan secara online maupun offline
• Menggunakan
teknologi dalam proses pembuatan produk(otomasi)
• Pembukaan
website sebagai langkah untuk mendekatkan diri kepada pelanggan secara online
• Mempercepat
proses pembuatan produk dengan penggunaan teknologi yang mutahir
• Pemanfaatan
internet sebagai langkah penyampaian informasi terbaru dari produk maupun
layanan
Contoh :
Penerapan sistem informasi manajemen merupakan hal
mutlak bagi sebuah institut tak terkecuali perpustakaan. Bagi perpustakaan OPAC
sangat membantu pengguna dalam penelusuran informasi, selain memudahkan
pencarian, juga menghemat waktu. Penerapan sistem informasi manajemen
perpustakaan akan terhambat apabila tidak didukung oleh sarana prasarana dan
sumber daya manusia selaku pengelola perpustakaan. formasi Manajemen/SIM
merupakan aspek penting yang harus dilakukan/diterapkan oleh Perpustakaan dalam
operasionalnya. Karena secara logis terdapat hukum sebab akibat dimana ketika
operasional perusahaan memberikan dampak negatif maka akan muncul respon yang
besar dari masyarakat. Oleh karena itu, dalam bagian ini akan dipaparkan hasil
penelitian yang didapat berdasarkan instrumen hasil wawancara yang ditanyakan
kepada para responden di lokasi penelitian. Adapun data jumlah responden yang
digunakan untuk hasil penelitian ini sebagai informan adalah 5 orang yang
terdiri dari 3 orang tenaga struktural dan 2 orang pengunjung dengan fokus
pembahasan skripsi, sebagai berikut: Dan kebutuhan buku yang diperlukan juga
selalu ada.
a) Proses Peminjaman
Peminjaman buku
yang dilakukan harus dikembalikan minimal satu minggu, jika sudah melebihi dari
batas waktu peminjaman maka akan dikenakan sangsi 1 hari Rp. 1000/buku. Dan
apabila buku yang dipinjam hilang maka yang bersangkutan harus menggantikan sesuai
dengan buku yang dipinjam.
b) Masalah yang ditemui dalam perpustakaan
• Kehilangan
buku
• Kurangnya
sumber daya manusia, juga perlengkapan komputerisasi.
• Ruangan
yang dipakai masih belum memungkinkan/sesuai dengan kebutuhan.
Sistem informasi menjadi prioritas pertama untuk
dikembangkan karena besarnya kekuatankekuatan lingkungan eksternal dan kesamaan
dari kekuatan faktor internal atau institusional. Beberapa sistem gagal karena
benturan diantara keadaan atau lingkungan internal. Faktor-faktor yang
dijadikan ukuran keberhasilan penerapan suatu sistem menurut Laudon yaitu:
tingkat penggunaannya relatif tinggi, kepuasan pengguna terhadap sistem, sikap
yang menguntungkan para pengguna terhadap sistem informasi dan staff dari
sistem informasi, tujuan yang dicapai dan imbal balik keuangan untuk
organisasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesukesan penerapan sistem
informasi, antara lain adanya dukungan dari manajemen eksekutif, keterlibatan end
user (pemakai akhir), penggunaan kebutuhan perusahaan yang jelas, perencanaan
yang matang, dan harapan perusahaan yang nyata. Sementara alasan kegagalan
penerapan sistem informasi antara lain karena kurangnya dukungan manajemen
eksekutif dan input dari end-user, pernyataan kebutuhan dan spesifikasi yang
tidak lengkap dan selalu berubah-ubah, serta inkompetensi secara teknologi
Sumber:
Basuki,
Sulistyo. 1993. Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
O’Brien JA, Marakas G. 2009. Management Information
System. Ninth edition. Boston: Mc Graw Hill, Inc Universitas Gunadarma
Lucas, Hendry C. Jr. 1987. Analisis Desain Dan
Implementasi Sistem Informasi. Jakarta: Erlangga.
Komentar
Posting Komentar