Manajemen Layanan Sistem Informasi
adalah manajemen melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di
dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi
harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu
organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Manajemen
Layanan Sistem Informasi juga dapat diartikan sebagai suatu metode pengelolaan
sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif
konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Sistem
Informasi merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis
yang terpusat pada teknologi. Istilah Manajemen Layanan Sistem Informasi tidak
berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal
penggunaan frasa ini pun tidak jelas kapan dimulainya. Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani
masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan
teknologinya sendiri.
Contohnya, proses pembuatan software komputer,
sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di
perusahaan perangkat lunak. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada
industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan
penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Komentar
Posting Komentar