SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

1.Jelaskan peranan manajer dalam pengelolaan manajemen informasi di perusahaan.

- Sudah dijelaskan sebelumnya tingkatan-tingkatan manajemen dalam suatu perusahaan. Walau tampak perbedaan tingkatan manajemen dan area fungsionalnya, tapi semua manajer melaksanakan fungsi-fungsi yang sama dan memainkan peranan yang sama.

Fungsi-fungsi manajemen, Pada tahun 1914 seorang ahli teori manajemen berkebangsaan Perancis, Henri Fayol, menyatakan bahwa manajer melaksanakan lima fungsi-fungsi manajemen yang utama.

Manajer merencanakan (planning) apa yang akan mereka lakukan.
Kemudian mereka mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana tersebut.
Selanjutnya mereja menyusun staff (staff) organisasi mereka dengan sumber daya yang diperlukan. Dengan sumber daya yang telah ada, mereka mengarahkan (direct) untuk melaksanakan rencana.
Terakhir yaitu pengendalian (control) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.

Semua manajer, apa pun itu tingkatannya atau area fungsionalnya. Mereka harus melaksanakan fungsi-fungsi diatas, ya walupun ada perbedaan dari segi penekanannya.

2.Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik.
- Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
- Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
- Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

3.Kendala perdagangan melalui jalur elektronik
- Biaya tinggi.
- Masalah keamanan.
- Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

4.Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik
Sekarang berdagang atau menjual apapun tidak harus menjajakan barang dagangan ke costumer secara langsung. Saat ini teknologi yang ada sudah sangat memungkinkan untuk membuat terobosan baru dalam hal perdagangan. Teknologi perdagangan melalui elektronik pada saat ini telah berkembang pesat seiring kemajuan Teknologi Informasi. Dalam perdagangan melalui jaringan elektronik kita dapat memperoleh manfaat lebih dibandingkan perdagangan secara konvensional.
Tinjauan Pustaka
Dalam kutipannya http://karlenaindriani.wordpress.com Perdagangan melalui jaringan elekronik dapat didefenisikan dengan sangat sempit dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dalam internet, seolah-olah tidak ada alternatif komunikasi lain. Kita mengambil pandangan yang jauh lebih luas. Kita mendefenisikan perdangan melalui jaringan elektronik sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.
Pembahasan
Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik memiliki manfaat tersendiri yang dianggap lebih baik daripada dengan melakukan perdagangan secara konvensional. Antara lain manfaat yang diperoleh dengan melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik ialah :
Keuntungan bagi perusahaan :
- Memperpendek jarak
Perusahaan-perusahaan dapat lebih dekat dengan kosumen.
- Perluasan pasar
Jangkauan pemasaran menjadi semaikn meluas dan tidak terbatas oleh geografis dimanapun perusahaan berada
- Efisien.
Disamping ada manfaat yang diperoleh dari perdagangan melalui jaringan elektronik terdapat pula kendala yang harus diselesaikan, kendala tersebut antara lain :
- Biaya Tinggi
- Masalah keamanan
- Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

1. Intelijen Bisnis
Hal pertama jika kita akan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik adalah pemahaman mengenai elemen-elemennya. Pengumpulan, penyimpanan dan penyebaran informasi lingkungan merupakan aplikasi komputer yang penting dalam banyak perusahaan di seluruh dunia.
Bila didefinisikan lebih luas untuk mencakup informasi disemua elemen lingkungan, istilah yang tepat adalah intelejen bisnis. Informasi yang menjelaskan elemen-elemen dalam lingkungan perusahaan dinamakan intelijen. Intelijen kompetitif melibatkan lima tugas dasar yaitu:
- Mengumpulkan Data
Perusahaan dapat memperoleh data primer atau data sekunder. Data primer dikumpulkan oleh perusahaan. Data sekunder dikumpulkan oleh orang lain yang disediakan perusahaan. Banyak data sekunder tersedia dalam bentuk database komersial yang disediakan oleh jasa database dengan bayaran.
- Mengevaluasi Data
Semua data, sekunder maupun primer, harus dievaluasi sebelum digunakan untuk memastikan akurasinya.
- Menganalisa Data
Data jarang mengungkapkan keseluruhan cerita. Biasanya kesenjangan perlu diisi. Istilah pemikiran lateral (Lateral Thinking) menjelaskan bagaimana meneliti data dari berbagai sudut, mencari berbagai pola.

- Menyimpan Intelijen
Jika intelejen dibeli dalam bentuk yang dapat dibaca mesin, seperti CD-ROM atau jika tersedia secara online, pencatatan kedalam komputer bukanlah suatu masalah. Namun, jika intelijen ada dalam bentuk tercetak, itu harus dimasukan melalui Optical Charater Recognition (OCR) atau dengan mengetik. Setelah berada dikomputer, intelijen itu harus disimpan sedemikian rupa sehingga memudahkan pengambilan kembali.
- Menyebarkan Intelijen
Setelah berada dalam penyimpanan komputer, teks dokumen atau ringkasannya diambil kembali dengan memasukan parameter pencarian tertentu, seperti nama perusahaan, tanggal, nama publikasi dan nama pengarang.
2. Sistem Antar Organisasi (IOS) dimana didalamnya terdapat EDI.
3. Membuat Metodologi yang tersedia mencakup daur hidup sistem dan perancangan ulang proses bisnis.
4. Menggunakan Teknologi yang tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan Internet.
Ada tiga pilihan teknologi utama sambungan langsung (Direct Connectivity), jaringan bernilai tambah (Value Added Network) dan internet.
- Sambungan Langsung
Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia jasa komunikasi umum.
- Jaringan Bernilai Tambah
Jaringan bernilai tambah (Value Added Network) disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
- Internet
Internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan. Sebagian besar kebangkitan perdagangan melalui jaringan elektronik diharapkan berasal dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan dalam beberapa kasus mengirimkan produk mereka melaui internet.


Sumber Terpercaya:
- http://budisetiyono.blogdetik.com/2012/01/21/sistem-informasi-manajemen/
- http://slidegur.com/doc/1692534/e-commerce.
http://diaz-isiotaksaya.blogspot.co.id/2010/11/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html

Komentar